RUAM POPOK

banyak ibu- ibu yang kesulitan menghadapi ruam popok yang dialami oleh bayi mereka, namun kalo kita tahu bagaimana cara mencegah dan menanganinya pasti para ibu- ibu tidak akan panik lagi. Nappy rash atau yang biasa kita sebut ruam popok adalah kondisi dimana area di sekitar bawah pusar bayi/ selangkangan yang ditutupi popok akan terlihat kemerahan bahkan tak jarang menimbulkan lecet. Tentu hal ini sangat membuat bayi tidak nyaman. Mereka akan sering rewel karena merasakan sakit dibagian tersebut.  Karena itulah, akan berbagi pada kalian semua mengenai cara mencegah terjadinya ruam popok pada bayi.
  • Gantilah popok bayi ketika sudah kotor. Jangan menunda – nunda pekerjaan ini karena kulit bayi adalah kulit yang masih sangat sensitif terhadap sesuatu yang menempel ditubuhnya. Karena itulah, dengan segera mengganti popok bayi, bayi akan merasa lebih nyaman dan ruam popokpun dapat dihindari.
  •  Bersihkan dengan air mengalir. ketika kalian hendak mengganti popok yang sudah terpakai dengan popok yang masih baru, jangan lupa untuk membersihkan area yang tertutupi popok dengan air yang mengalir. Air yang mengalir dapat menyegarkan kulit bayi sehingga ruam popok dapat dihindari. Selain itu, air mengalir juga berguna untuk menghindarkan resiko infeksi saluran kemih pada bayi.
  •  Selektif memilih popok. Dipasaran, terdapat berbagai merk popok yang memiliki keunggulan masing – masing. Sebelum kalian membeli popok dalam jumlah yang besar, sebaiknya kalian pastikan dulu apakah popok yang kalian beli cocok dengan kulit sang bayi. Karena, jika popok tidak cocok, ruam popok akan mengancam kesehatan sang bayi.
  •  Hindari bedak. Banyak ibu yang memakaikan bedak di wilayah yang akan ditutup popok. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena bedak memiliki struktur yang sangat lembut yang dapat menyumbat kemaluan bayi. Apalagi kalau bedak tersebut bercampur dengan pipis dan kotoran si kecil, wah kalau sudah begitu bayi tidak hanya akan terkena ruam popok, namun juga terkena iritasi
  •  Hindari tisu basah. Banyak orang tua yang kurang memperhatikan tisu basah yang mereka gunakan untuk membersihkan daerah yang tertutupi oleh popok. Alhasil, bayi mereka mengalami ruam popok yang serius. Hal tersebut terjadi lantaran tisu basah yang mereka pakai mengandung alkohol dan parfum. Alkohol dan parfum tidak baik untuk kulit bayi di area yang tertutupi oleh popok.


ruam popok

penanganan ketika sudah terlanjur terjadi ruam popok hendaknya setelah mandi, buang air besar atau buang air kecil sebelum dipakaikan popok sekali pakai oleskan salep , untuk mengobati ruam :
  1. untuk bayi sudah banyak produk yang dijual di apotek maupun toko dengan berbagai merk antara lain momilen baby diapers, Lactacyd Baby.
  2.  untuk anak- anak tergantung jenis ruam
  •  jika ruam berupa bruntus kecil- kecil  hanya memerlukan salep yang mengandung hydrocortison (anti inflamasi/ peradangan) .
  •  jika ruam popok sudah kemerahan lecet dan berair perlu menggunakan salep kombimasi antiinflamasi dan anti bakteri, contohnya salep yang menggandung hydrokortison dan neomycin sulfate seperti Nufacort.
Demikian penjelasan mengenai pencegahan ruam popok, dan cara mengatasinya. semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »